PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR TERHADAP KINERJA GURU DI SMA DAARUL AITAM PALEMBANG

SEPTIANI, RINDRY (2014) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR TERHADAP KINERJA GURU DI SMA DAARUL AITAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (86kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Terhadap Kinerja Guru di SMA DAARUL Aitam Palembang”. Di Latar belakangi adanya gaya kepemimpinan kepala sekolah yang kurang pengawasannya dan belum banyak dijumpai kepala sekolah yang dapat menjadi administrator dalam meningkatkan kinerja guru. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator sebelum dan sesudah, bagaimana kinerja guru sebelum dan sesudah, apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator terhadap kinerja guru. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator terhadap kinerja guru. Meode ini menggunakan penelitian Lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengambil dan mengumpulkan data ddari lingkungan. Adapun yang respondennya adalah guru (Populasi) yang berjumlah 22 Guru. Jenis data dipergunakan adalah Kuantitatif yaitu data yang berupa angka, dengan instrument pengumpulan data (IPD), metode angket disebarkan kepada guru, metode wawancara ditujukan kepada kepala sekolah dipergunakan untuk memperkuat angket dan menganalisis angket, metode dokumentasi ditujukan kepada guru TU, digunakan untuk menghimpun data tentang jumlah guru dan siswa. Dan yang menjadi sumber data adalah sekunder dan primer yaitu sumber data dikumpulkan langsung dari tangan pertama, sedangkan data sekunder yaitu sumber diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan semua aspek yang menunjang penelitian. Dan analisa data ini menggunakan tumus uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentase hasil angket gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator menunjukkan18,18% tergolong dalam kategori tingkat baik, 72,73%tergolong dalam kategori tingkat cukup, 9,09% tergolong dalam kategori tingkat kurang baik. Sedangkan hasil persentase kinerja guru 22,73% tergolong dalam kategori tingkat baik, 59,09% tergolong dalam kategori tingkat cukup, dan 18,18% tergolong kategori tingkat kurang baik. dan hasil dari pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru menunjukkan ternyata df sebesar 21 itu diperoleh harga kritik “t” atau ttabel pada signifikansi 5% sebesar 2,08; sedangkan pada tariff signifikansi 1% tt diperoleh sebesar 2,83. Dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (t0 = 16,9) dan besarnya “t” yang tercantum pada nilai “t” (ttts5% = 2,08 dan ttts1% = 2,83) maka dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besar daripada tt ; yaitu 2,08<16,95>2,83. Dengan demikian Hipotesis Alternatif diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator terhadap kinerja guru. Dengan saran kepala sekolah supaya menerapkan kinerja guru yang berkualitas agar tercapainya tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:43
Last Modified: 29 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14240

Actions (login required)

View Item View Item