PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG

WATI, EMIL (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI EMIL FINISH PAKE BGTT (Repaired).docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa belum mencapai standar ketuntasan minimal. Pada saat pembelajaran guru tidak kreatif dan tidak menggunakan model-model pembelajaran yang tepat yang dapat memotivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajarnya. Masalah yang diteliti adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn di MI.Hijriyah II palembang.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV di MI.Hijriyah II palembang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, refleksi dan rencana perbaikan. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subyek penelitian ini dengan jumlah 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative script pada pembelajaran PKn telah berhasil meningkatkan kemampuan menjelaskan isi bacaan yang terus meningkat. Kemampuan siswa mengalami peningkatan pada siklus II, yang paling tampak yaitu sebagian besar siswa hasil belajarnya pada tes lisan meningkat, dan ini ditunjukan dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal yang cukup baik yaitu dari 39 orang siswa ada 27 orang siswa yang mendapat nilai diatas standar nilai kkm dan dipersentasekan menjadi 69,23% siswa yang tuntas sedangkan kreteria ketuntasan siswa tersebut 85% yang telah mencapai daya serap atau lebih atau sama dengan nilai KKM. Kemudian pada perbaikan pembelajaran pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal yang meningkat jauh lebih baik menjadi 100% dari 39 orang siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan isi bacaan. Meskipun dapat meningkatkan hasil belajar siswa, diperlukan penelitian lebih lanjut khususnya yang berkaitan dengan menjelaskan isi bacaan. Selain itu diperlukan adanya variasi dalam pembelajaran dan cara menyajikan pelajaran yang kreatif dan inovatif dengan perencanaan yang lebih matang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:43
Last Modified: 29 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item View Item