“POLA KOMUNIKASI MAHASISWI BERCADAR DENGAN LAWAN JENIS DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG”

NOVRIANI, ARISA (2019) “POLA KOMUNIKASI MAHASISWI BERCADAR DENGAN LAWAN JENIS DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG”. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
ARISA NOVRIANI..pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Mahasiswi bercadar dengan Lawan Jenis di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang diterapkan mahasiswi bercadar ketika berkomunikasi dengan lawan jenis. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik. Peneliti memilih lima mahasiswi bercadar dari jurusan yang berbeda sebagai informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya faktor agama yang menjadi alasan utama mahasiswi untuk memutuskan memakai cadar. Ada banyak pola komunikasi yang diterapkan oleh mahasiswi bercadar ketika berkomunikasi dengan lawan jenis, kebanyakan mahasiswi bercadar menjaga jarak ketika berinteraksi dan berkomunikasi, tidak mengeraskan suara pada saat berkomunikasi dengan lawan jenis. Interaksi simbolik ditemukan pada saat mereka berkomunikasi, seperti adanya pertukaran makna (simbol). Selain bahasa verbal mahasiswi bercadar juga menggunakan bahasa nonverbal ketika berkomunikasi dengan lawan jenis, seperti menundukkan kepala, menjaga jarak posisi ketika berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:43
Last Modified: 29 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item