IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS DARING DI KELAS V SD NEGERI 91 PALEMBANG

ATIKA, SANDRA (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS DARING DI KELAS V SD NEGERI 91 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran tematik berbasis daring di kelas V SD Negeri 91 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perencanaan pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis daring di kelas V SD Negeri 91 Palembang; (2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis daring di kelas V SD Negeri 91 Palembang; (3) menganalisis evaluasi pembelajaran tematik berbasis daring di kelas V SD Negeri 91 Palembang; (4) mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran tematik berbasis daring di kelas V SD Negeri 91 Palembang; Berdasarkan tujuan tersebut agar dapat melihat secara kompleks pembelajaran tematik berbasis daring, mulai dari awal sampai dengan akhir kegiatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas III dan V. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan ialah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan temuan sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran tematik berbasis daring melakukan modifikasi dan inovasi sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang dan disesuaikan dengan kondisi pandemi. (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis daring telah terlaksana dengan baik. (3) Evaluasi pembelajaran tematik berbasis daring untuk penilaian hasil belajar mengacu pada juknis dengan penyesuaian masa pandemi. (4) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran tematik berbasis daring terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci: Pembelajaran tematik, daring, SD Negeri 91 Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik, daring, SD Negeri 91 Palembang
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:45
Last Modified: 29 Sep 2021 06:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14273

Actions (login required)

View Item View Item