MAKNA SIMBOLIK DALAM PROSES PEMBERIAN GELAR ADAT LAMPUNG PEPADUN (Etnografi Komunikasi Pada Masyarakat Desa Tanjung Raya Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur)

Pratama, Sendi (2020) MAKNA SIMBOLIK DALAM PROSES PEMBERIAN GELAR ADAT LAMPUNG PEPADUN (Etnografi Komunikasi Pada Masyarakat Desa Tanjung Raya Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
_SENDI PRATAMA,..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Budaya adalah identitas suatu daerah setiap daerah pasti mempunyai budaya tersendiri untuk menggambarkan identitasnya. Pemberian gelar adat Lampung Pepadun salah satu budaya lokal masyarakat suku Lampung Pepadun, yang bertujuan untuk mendapatkan status sosial dan diakui keberadaanya didalam adat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif studi etnografi komunikasi, metode ini digunakan untuk mengkaji tutur bahasa dengan kaitannya pada masyarakat melalui hubungan sosial. Proses pemberian gelar adat Lampung Pepadun yang dilakukan di Desa Tanjung Raya Kecamatan Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, banyak ditemukan makna simbolik, baik berupa benda maupun gerakan, dari tahap proses pengambilan nama gelar dan tahappengesahannya. Teori yang digunakan adalah Interaksionisme Simbolik. Hasil dari penelitian ini menujukkan adanya makna simbolik nama gelar adat yang diberikan, nama gelar yang diberikan mempunyai arti tersendiri didalam sebuah adat dan tradisi Lampung Pepadun yang mengikuti kasta dari pihak keluarga yang diberi nama gelar. Kasta dari pihak keluarga yang diberi nama gelar yaitu kasta Hulu Pepadun yang mempunyai pangkal gelarnya Pangeran, Minak, Ratu. Etnografi komunikasi yang terdapat dalam pemberian gelar adat Lampung Pepadun menunjukan adanya tiga aktivitas komunikasi yaitu situasi komunikatif, contohnya seperti berdiskusi dari pihak keluarga dan Penyimbang Marga nama gelar adat yang diberikan, peristiwa komunikatif, contohnya seperti pembacaan nama gelar, tindak komunkatif contohnya seperti pemukulan canang yang menandakan nama gelar adat sudah sah digunakan. Dari ketiga aktivitas komunikasi tersebut mempunyai perannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2021 08:29
Last Modified: 29 Sep 2021 08:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item