MAIMUNAH, MAIMUNAH (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN PKN MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN ORGANISASI DI KELAS V MI NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII LAMPIRAN DEPAN.................pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penelitian in berjudul : “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Mata Pelajaran PKN Materi Memahami Kebebasan Organisasi di Kelas V MI Najahiyah Palembang”. Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan: bagaimana menerapkan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi memahami kebebasan organisasi pada mata pelajaran PKn di kelas V MI Najahiyah Palembang dan bagaimana hasil belajar siswa materi memahami kebebasan organisasi pada mata pelajaran PKn di kelas V MI Najahiyah Palembang dengan menerapkan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw ? Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V MI Najahiyah Palembang yang berjumlah 22 orang siswa, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat diambil kesimpulan penerapan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi memahami kebebasan organisasi pada mata pelajaran PKn di kelas V MI Najahiyah Palembang. Hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari: peningkatan nilai berdasarkan KKM. Pada pra siklus hanya terdapat 4 anak atau 18.8% yang tuntas dalam belajar sementara yang tidak tuntas 18 anak atau 81.9%, kemudian pada siklus 1 setelah tindakan dilakukan yang tuntas belajar mencapai 14 anak atau 70% sementara 8 anak lainya tidak tuntas atau 36.6%, kemudian pada siklus 2 anak yang tuntas sebanyak 21 95.4% dan yang tidak tuntas tersisa 1 anak atau 4.5%. Peningkatan nilai rata-rata, dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 57.7, hasil perbaikan siklus I menjadi 68.1 dan pada siklus II menjadi 77.9. Jadi berdasarkan data tersebut maka dapat di katakan bahwa target tuntas belajar anak sudah mencapai nilai maksimal. Meskipun masih ada anak yang tidak tuntas dalam belajar pada siklus II yaitu 1 orang, namun sudah masuk dalam kategori ketuntasan klasikal dan karena keterbatasan waktu dalam penelitian, maka ditetapkan siklus II merupakan siklus terakhir
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 02:49 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:49 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14284 |
Actions (login required)
View Item |