INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir)

DWIKA, FRANCISCA (2012) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI BAB I - V.doc

Download (370kB)

Abstract

Mengingat kondisi masyarakat akhir-akhir ini yang menunjukkan adanya penurunan nilai-nilai yang menjunjung tinggi jati diri bangsa yang luhur, pemerintah berinisiatif untuk melakukan langkah-langkah penguatan pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan kebutuhan asasi dalam proses berbangsa dan bernegara yang merupakan pilar kebangkitan bangsa. Karena sekolah adalah wadah dalam penyelenggaraan pendidikan karakter, maka pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam kurikulum melalui mata pelajaran-mata pelajaran. Salah satu mata pelajaran yang mempunyai peran penting dalam pembentukan karakter siswa adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, meliputi nilai-nilai kejujuran, rajin, disiplin, bertanggung jawab, dan religius. Berdasarkan dari hal inilah penulis mengambil judul skripsi tentang “INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir)”. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah upaya pengintegrasian pendidikan karakter pada pelaksanaan Kurikulum PAI dan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi pendidikan karakter pada pelaksanaan Kurikulum PAI di SDN Pajar Bulan Kec. Tanjung Batu Kab. OI. Dengan tujuan untuk mengetahui upaya pengintegrasian pendidikan karakter pada pelaksanaan Kurikulum PAI dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat integrasi pendidikan karakter pada pelaksanaan Kurikulum PAI di SDN Pajar Bulan Kec. Tanjung Batu Kab. OI. Metodologi penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu rangkaian kegiatan atau proses penyaringan data atau informasi yang bersifat sewajarnya mengenai suatu masalah dalam kondisi, aspek atau bidang tertentu dalam kehidupan objeknya. Hasil analisis dalam skripsi ini berupa upaya pengintegrasian pendidikan karakter pada pelaksanaan Kurikulum PAI di SDN Pajar Bulan Kec. Tanjung Batu Kab. OI dilakukan melalui penanaman nilai-nilai karakter yang dicantumkan di dalam silabus dan RPP pada saat mengajar melalui metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi yang sesuai dengan materi belajar yang akan disampaikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi pendidikan karakter pada pelaksanaan Kurikulum PAI di SDN Pajar Bulan Kec. Tanjung Batu Kab. OI, faktor pendukungnya, yaitu kepala sekolah, sarana dan prasarana, serta lingkungan. Faktor penghambatnya, yaitu kesulitan membuat Silabus, RPP, dan bahan ajar berkarakter. Kurangnya sosialisasi dari Dinas, kurangnya media belajar, menentukan metode belajar yang tepat agar siswa dapat dengan mudah menginternalisasi nilai-nilai karakter, kemampuan siswa yang berbeda-beda, dan terlalu banyaknya siswa dalam satu kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:49
Last Modified: 30 Sep 2021 02:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14290

Actions (login required)

View Item View Item