FUNGSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER NASYID DENGAN PENERAPAN NILAI- NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

WAHIDIN, WAHIDIN (2014) FUNGSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER NASYID DENGAN PENERAPAN NILAI- NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI WAHIDIN.doc

Download (724kB)

Abstract

Nasyid merupakan media dakwah yang digunakan sebagai mediator dan fasilitator dalam menyampaikan ajaran-ajaran agama Islam pada siswa berupa nilai-nilai aqidah, akhlak dan ibadah. Dalam hal ini pendidikan agama Islam tidak hanya bersifat teoritis saja, tetapi juga praktis yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berjudul: Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler Nasyid dengan Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Dalam penelitian ini, permasalahan yang akan diteliti meliputi bagaimana kegiatan ekstrakurikuler nasyid di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, apa saja nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat pada kegiatan ekstrakurikuler nasyid , bagaimana fungsi kegiatan ekstrakurikuler nasyid dengan penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Ada pun tujuan dalam penelitian ini adalah a). Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler nasyid di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, b)Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan agama Islam apa saja yang terkandung di dalam kegiatan ekstrakurikuler nasyid, c) Untuk mengetahui fungsi nasyid di SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam, dalam dimensi aqidah (keyakinan), dimensi akhlak, dan dimensi syari’ah dalam ruang lingkup ibadah. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif yang terdiri dari lima bab dengan responden utama yaitu siswa yang menjadi anggota nasyid di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Untuk memperoleh data yang akurat maka penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini, yang menjadi informasi penelitian adalah 25 orang siswa yang menjadi anggota kegiatan ekstrakurikuler nasyid di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, responden pendukung dalam penelitian ini adalah guru pembina nasyid, guru PAI (Pendidikan Agama Islam) dan sebagian orang tua / wali siswa yang menjadi anggota nasyid di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fungsi kegiatan ekstrakurikuler nasyid dengan penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Muhamadiyah 1 Palembang sudah cukup baik. Ekstrakurikuler nasyid digunakan sebagai media dakwah dan fasilitator untuk menyampaikan pesan-pesan dan ajaran agama kepada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler nasyid dan syair-syair yang terkandung pada nasyid. Walaupun dalam kenyataannya masih ada hambatan-hambatan dalam mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam, seperti aqidah, akhlak dan ibadah yang terkandung pada ekstrakurikuler nasyid.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:50
Last Modified: 30 Sep 2021 02:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14297

Actions (login required)

View Item View Item