UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MATERI PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH PADA SISWA KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 5 PALEMBANG

NURSUSANTI, NURSUSANTI (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MATERI PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH PADA SISWA KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 5 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB_1-5.doc

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Materi Pemerintahan Desa dan Kecamatan melalui Model Pembelajaran Information Search pada Siswa Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 5 Palembang.” Permasalahan dalam penelitian ini apakah penggunaan model pembelajaran Information Search dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn di kelas 4 M.I Quraniah 5 Palembang? . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) setelah diterapkannya model pembelajaran Information Search pada siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Quraniah (MIQ) 5 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 4 MI Quraniah 5 Palembang yang berjumlah 26 orang terdiri dari 17 orang laki – laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dari penelitian ini di peroleh dari instrumen tes berupa soal – soal tes pada setiap akhir siklus. Sementara itu instrumen nontes berupa lembar observasi. Analisa data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan analisa data nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil analisis data tes dari penelitian ini dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 mengalami peningkatan dalam hasil belajar. Pada pra sisklus siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebesar 30,6 %, pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 44,4 %, sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan lagi menjadi 83,3 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran information search dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) setelah diterapkannya model pembelajaran Information Search pada siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Quraniah (MIQ) 5 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:01
Last Modified: 30 Sep 2021 04:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item