PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIMBIOSIS DI KELAS IV MI MA’ARIPUL ULUM BANYUASIN

ELIYAH, ELIYAH (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIMBIOSIS DI KELAS IV MI MA’ARIPUL ULUM BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab I eliyah.docx

Download (43kB)
[img] Text
bab II eliyah.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III eliyah.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV eliyah ok.docx

Download (148kB)
[img] Text
BAB V eliyah.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Simbiosis di Kelas IV MI Ma’aripul Ulum Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fild research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi simbiosis di kelas IV MI Ma’aripul Ulum Banyuasin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan tipe jigsaw dapat meningkatkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi simbiosis di kelas IV MI Ma’aripul Ulum Banyuasin. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan tingkat ketuntasan 33,33% dan siswa tidak tuntas sebanyak 66,67% dengan rata-rata nilai 57,17. Kemudian hasil penelitian pada siklus I mulai ada peningkatan yaitu tingkat ketuntasan siswa mencapai 70%, dan siswa tidak tuntas tinggal 30% dengan nilai rata-rata 75,17. Dan pada hasil penelitian pada siklus II ketuntasan siswa telah mencapai 96,67% dan siswa yang tidak tuntas hanya 3,33% dengan nilai rata-rata 87,17. Maka setelah melihat perkembangan ketuntasan belajar pada siswa dengan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terdapat peningkatan yang sangat signifikan pada prasiklus, pada siklus I, dan siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:04
Last Modified: 30 Sep 2021 04:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14329

Actions (login required)

View Item View Item