PENGARUH AIR KELAPA DAN AIR LERI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELEDRI (Apium graveolens L. Dulce) PADA MEDIA TANAM HIDROPONIK DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP/MTS KELAS VIII

I ADCHIYATI, WIJI (2014) PENGARUH AIR KELAPA DAN AIR LERI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELEDRI (Apium graveolens L. Dulce) PADA MEDIA TANAM HIDROPONIK DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMP/MTS KELAS VIII. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi Wiji Adchiyati (09 22 2067).docx

Download (5MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman seledri membutuhkan nutisi lain dari bahan kimia maupun organik. Air kelapa dan air leri dapat digunakan sebagai nutrisi untuk tanaman seledri, karena memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat dan dibutuhkan untuk tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh air kelapa dan air leri terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman seledri (Apium graveolens L. Dulce) yang ditanam dengan menggunakan media hidroponik. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium MIPA Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua jalur, sembilan perlakuan kombinasi dan tiga kali ulangan. Faktor pertama adalah media tanam air biasa, air kelapa, air leri dan pasir (M1, M2, M3). Faktor kedua adalah perlakuan penyiraman menggunakan air biasa sebagai kontrol (P0), air kelapa (P1) dan air leri (P2). Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA dengan uji Duncan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan air kelapa dan air leri tidak memberikan pengaruh yang efektif terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman seledri pada media hidroponik baik pada tinggi tanaman dan jumlah daun. Dari hasil penelitian perlakuan M1P0 yaitu perlakuan menggunakan air biasa dan pasir dengan penyiraman air biasa menghasilkan tinggi tanaman dengan rata-rata 8.28 cm pada tinggi tanaman dan 10.83 helai pada jumlah daun. Sedangkan interaksi air kelapa dan air leri tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman seledri. Kata Kunci: Air kelapa, air leri, pertumbuhan vegetatif, seledri, media hidroponik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:04
Last Modified: 30 Sep 2021 04:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14333

Actions (login required)

View Item View Item