PENDEKATAN CLIENT CENTERED UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY WARGA BINAAN(Studi Kasus Pada Klien “S” Menjelang Bebas Di Lapas Klas IIA Lubuk linggau)

ZAIDATURROHMAH, AWDRA SUKMA (2020) PENDEKATAN CLIENT CENTERED UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY WARGA BINAAN(Studi Kasus Pada Klien “S” Menjelang Bebas Di Lapas Klas IIA Lubuk linggau). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AWDRA SUKMA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pendekatan Clien Centered Untuk meningkatkan Self Efficacy Warga Binaan (Studi Kasus Pada Klien “S” Menjelang Bebas Di Lapas Klas IIA Lubuklinggau)”. Salah satu permasalahan yang ditemukan ketika narapidana yang hendak menjelang bebas mengakibatkan timbulnya ketidakyakinan ketika bebas nanti dan kembali kepada keluarga dan masyarakat. Dimana penyebab narapidana merasa tidak yakin kembali kepada keluarga dan masyarakat tentu statusnya yang seorang narapidana membuatnya malu dan kontribusi atau peran apa yang bisa diterima kembali kepada keluarga dan masyarakat. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui gambaran self efficacy klien “S”, mengetahui program yang ada di Lapas Klas IIA Lubuklinggau untuk meningkatkan self efficacy klien “S”, dan mengetahui pendekatan client centered untuk meningkatkan self efficacy klien “S”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yakni suatu metode untuk mempelajari keadaan dan perkembangan individu dengan lebih baik dan membantunya dalam perkembangan selanjutnya. Kemudian penulis analisa dengan cara pendekatan kualitatif yaitu suatu gambaran kompleks, meneliti kata�kata, laporan terperinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang alami. Adapun informan dalam penelitian ini adalah klien “S” dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran self efficacy klien “S” antara lain sulit untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pihak Lapas, tidak yakin dengan kemampuan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pihak Lapas, tidak memenuhi tugas dari pihak Lapas, tidak optimis dalam menyelesaikan tugas dari pihak Lapas. Sedangkan program yang ada di Lapas Klas IIA Lubuklinggau seperti program pendidikan formal, program pendidikan agama dan program pembinaan karir. Penulis melakukan konseling individu dengan menggunakan pendekatan client centered untuk meningkatkan self efficacy klien “S”. Pendekatan client centered yang mana pada proses konseling yang paling berperan adalah klien sendiri, klien dibiarkan untuk menemukan solusi mereka sendiri tehadap masalah yang tengah mereka hadapi. Kata Kunci: Konseling Individu, Client Centered, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
400 Bahasa > Filologi, Linguistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:40
Last Modified: 30 Sep 2021 06:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14384

Actions (login required)

View Item View Item