PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA LULUSAN MA DAN SMA DALAM MATA KULIAH FIQIH (STUDI KASUS PADA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN PAI, ANGKATAN 2009 IAIN RADEN FATAH PALEMBANG)

ARDIANSYAH, ARDIANSYAH (2013) PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA LULUSAN MA DAN SMA DALAM MATA KULIAH FIQIH (STUDI KASUS PADA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN JURUSAN PAI, ANGKATAN 2009 IAIN RADEN FATAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI S1.docx

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Pada awal masa perkuliahan umumnya merupakan masa transisi bagi mahasiswa, transisi antara pola kebiasaan lama dengan tuntutan pola kebiasaan baru sebagai mahasiswa. Proses belajar mahasiswa pada periode awal ini diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor yakni termasuk status asal sekolah sebelum mereka sama dalam memilih suatu jurusan. Adapun permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana prestasi akademik mahasiswa lulusan MA dan SMA dalam Mata Kuliah Fiqih, apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara lulusan MA dan SMA dalam Mata Kuliah Fiqih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi akademik mahasiswa lulusan Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Atas dalam Mata Kuliah Fiqih pada mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Angkatan 2009. Kegunaan penelitian ini, yaitu diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran terhadap dunia pendidikan serta dapat dijadikan bahan informasi bagi para akademisi di Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah, memberikan masukan kepada mahasiswa supaya semangat dalam meningkatkan prestasi akademiknya. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 169 orang mahasiswa yang terdiri dari 6 kelas, mulai dari PAI 1, PAI 2, PAI 3, PAI 4, PAI 5, PAI 6, dan untuk sampelnya sebanyak 15 % dan didapatlah sebanyak 26 orang mahasiswa yang mana tekhnik pengambilan sampelnya menggunakan sampel acak. Kemudian untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpul data yaitu: Wawancara dengan mahasiswa dan dosen untuk mengetahui prestasi akademik mahasiswa lulusan MA dan SMA dalam mata kuliah Fiqih,. Observasi ,untuk melihat dan memperoleh data secara langsung,. Angket, untuk mengetahui minat mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan Fiqih,. Dokumentasi, untuk mendapatkan data tertulis yang ada seperti keadaan sarana dan prasarana yang ada serta nilai Fiqih mahasiswa. Adapun nilai akademik mahasiswa lulusan MA dalam mata kuliah Fiqih memiliki rata-rata sebesar 77 dan nilai akademik mahasiswa lulusan SMA dalam mata kuliah Fiqih memiliki rata-rata sebesar 76 dan Hasil penelitian ini telah kita peroleh to sebesar 0,564 ; sedangkan = 2,06 dan 2,80 maka adalah lebih kecil dari pada , baik pada taraf signifikansi 5 % maupun pada taraf signifikansi 1 %. Dengan demikian Hipotesis Nihil yang menyatakan tidak adanya perbedaan Prestasi Akademik antara Mahasiswa lulusan Madrasah Aliyah (MA) dan Mahasiswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Mata Kuliah Fiqih yang telah disebutkan sebelumnya dinyatakan diterima atau disetujui. Dan dapat ditarik kesimpulan, adanya perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa lulusan MA dan SMA dalam Mata Kuliah Fiqih pada Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2009 IAIN Raden Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:41
Last Modified: 30 Sep 2021 06:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item