IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH IV PALEMBANG

SULASTRI, SULASTRI (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH IV PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SULASTRI (11290039) IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP MUHAMMADIYAH IV PALEMBANG.pdf

Download (978kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan program bimbingan dan konseling merupakan program yang sangat penting dalam suatu lembaga pendidikan. Sebab program ini merupakan salah satu faktor penunjang dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Dengan adanya program bimbingan dan konseling diharapkan dapat membantu upaya mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswa khususnya pada masalah siswa. Penelitian ini berjudul Implementasi Program Bimbingan dan Konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang. Rumusan masalah adalah bagaimana implementasi program bimbingan dan konseling dan faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi program bimbingan dan konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang dan faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang. Jenis penelitian ini adalah field research, maksudnya penelitian lapangan yang membahas tentang masalah yang berkaitan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu primer dan sekunder. Dokumentasi yaitu data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif, yakni menjelaskan secara mendalam seluruh permasalahan yang di rumuskan dalam pokok masalah secara tegas dan jelas kemudian ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang sudah dilaksanakan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh siswa dan dilakukan secara individu dan secara kelompok. Kedua, faktor yang mempengaruhi implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang, faktor pendukung, adalah: kepala sekolah, wali kelas guru mata pelajaran dan mengikuti pelatihan tentang guru bimbingan dan konseling. Faktor penghambat, adalah: dari konselor bukan dari jurusan bimbingan dan konseling, dari siswa kurang terbuka untuk mengungkapkan masalah yang dihadapinya, dari fasilitas ruangan bimbingan dan konseling sangat kecil dan susah dijangkau oleh siswa karena terletak dilantai atas. Jadi pada dasarnya implementasi program bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah IV Palembang sudah terlaksana, tetapi masih belum maksimal karena masih banyak sekali keterbatasan baik dari guru yang bersangkutan, dari siswa dan sarana dan prasarana yang belum memada

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
?? LB ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:42
Last Modified: 30 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item