KORELASI ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN 1 RAMBANG DANGKU

MONIKA, JESIKA, AGNES (2018) KORELASI ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN 1 RAMBANG DANGKU. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Jesika Agnes Monika (13210133).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas adalah tugas seorang guru dalam proses pembelajaran. Pengelolaan kelas yang baik diharapkan mampu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal agar peserta didik merasa nyaman, saling memiliki dan betah belajar di dalam kelas. Dengan kondisi tersebut diharapkan prestasi dan minat belajar siswa bisa meningkat dalam proses belajar mengajar. Meningkatnya minat belajar siswa akan dapat tercapai apabila pengelolaan kelas dilakukan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa di SMAN 1 Rambang Dangku. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana pengelolaan kelas XI di SMAN 1 Rambang Dangku? kedua, bagaimana minat belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Rambang Dangku? dan ketiga adakah korelasi yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Rambang Dangku? Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif, sesuatu penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Analisa data penelitian ini menggunakan rumus statistik mencari angka indeks korelasi “r” Product Moment itu perhitungannya didasarkan pada Deviasi Standar Hasil analisa data statistik menujukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Rambang Dangku. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil rxy = 0,679, untuk memberikan interprestasi terhadap rxy maka kita lihat “r” tabel. Setelah diperoleh harga “r” tabel (rtabel) pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,325 dan untuk taraf signifikansi 1% yaitu 0,418. Dengan istilah lain: rtabel pada t.s 5% = 0,325. rtabel pada t.s 1% = 0,418. Seperti yang telah diketahui, rxy yang diperoleh adalah 0,679 sedangakn rtabel pada taraf signifikansi 5% adalah 0,325 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,418 maka rxy dibandingkan rtabel yaitu 0,325<0,679>0,418. Berdasarkan hasil perhitungan di atas, ternyata baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% nilai rxy lebih besar dari rtabel

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:42
Last Modified: 30 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14403

Actions (login required)

View Item View Item