PENGARUH METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAT AL-‘ALAQ DI SEKOLAH DASAR NEGERI 137 PALEMBANG

TRIANI, MIRA (2014) PENGARUH METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAT AL-‘ALAQ DI SEKOLAH DASAR NEGERI 137 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.docx

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penulis bahwa kurangnya kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an Surat-surat Pilihan yang tercermin pada melafaskan huruf, menulis dan tajwid. Kondisi siswa demikian banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain: kurangnya motivasi orang tua terhadap anak, kurangnya kegiatan membaca Al-Qur’an ketika mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.     Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an surat Al-‘Alaq pada kelas kontrol yang tidak diterapkan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) di SD Negeri 137 Palembang. Bagaimana kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an surat Al-‘Alaq pada kelas percobaan (eksperiment) yang diterapkan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) di SD Negeri 137 Palembang. Apakah penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) dapat meningkatkan kemampuan siswa menghafal Al-Qur’an surat Al-‘Alaq di SD Negeri 137 Palembang. Hasil penelitian ini adalah: Kemampuan siswa kelas V.B sebagai kelas kontrol dalam menghafal Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq di SD Negeri 137 Palembang yang tidak diterapkan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) dapat dirincikan sebagai berikut : skor nilai siswa terendah 60 dan nilai siswa tertinggi 85 serta nilai rata-rata kelas (Mean) dengan skor 70,36. Kemudian dapat diketahui pula kategori skor tetinggi 84-85 adalah 1 orang siswa (2,27%), skor sedang 61-83 adalah sebanyak 40 orang siswa (90,91%) dan skor rendah 57-60 adalah sebanyak 3 orang siswa (6,82%). Sedangkan kemampuan siswa kelas V.A sebagai kelas eksperimen dalam menghafal Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq di SD Negeri 137 Palembang yang diterapkan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari skor nilai siswa yakni nilai siswa terendah 63 dan nilai siswa tertinggi 95 serta nilai rata-rata kelas (Mean) dengan skor 77,02. Kemudian dapat diketahui pula kategori skor tetinggi 80-95 adalah sebanyak 17 orang (51,2%), kemudian siswa yang mendapatkan skor sedang 75-79 sebanyak 8 orang (19,5%), dan siswa yang mendapatkan skor rendah 63-74 adalah sebanyak 16 orang (39%). Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V.A dalam menghafal Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq di SD Negeri 137 Palembang. Hal ini diperlihatkan dari jauh lebih besar dari pada : 0,217 < 1,953 > 0,283. Ini menunjukkan bahwa antara kelas Eksperimen dan kelas Kontrol terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:43
Last Modified: 30 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item View Item