UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI MEMBACA INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PARAGRAF KELAS VI MI QUR’ANIAH VII PALEMBANG

IRAYATI, IRAYATI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF MELALUI MEMBACA INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PARAGRAF KELAS VI MI QUR’ANIAH VII PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
KAVER.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I 1.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I 2.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II 1.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB II 2.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB III 1.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB III 2.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV 1.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB IV 2.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB V 1.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB V 2.docx

Download (13kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di kelas pada materi menemukan ide pokok melalui membaca intensif, pemahaman siswa masih tergolong rendah. Berdasarkan pemasalahan tersebut maka penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf melalui membaca intensif dengan menggunakan media kartu paragraf. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) adalah siswa kelas VI yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini lakukan di MI. Qur’aniah VII Palembang. Dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2014-2015 selama kurang lebih 2 bulan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan metode test, observasi, diskusi dengan teman sejawat. Data tentang kegiatan pembelajaran yang diambil dengan menggunakan lembar pengamatan serta data hasil belajar yang diambil dengan memberikan test, hasil setelah pembelajaran dianalisis secara deskriptif dengan mencatat nilai hasil belajar siswa, sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra Siklus dari 22 siswa, siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM 70 sebanyak 9 siswa atau sebesar 40,90%. Pada Silkus I ketuntasan siswa meningkat, yaitu siswa yang tuntas atau mencapai nillai KKM 70 adalah sebanyak 15 siswa atau sebesar 68,18%, sedangkan aktifitas siswa selama kegiatan pembelajaran pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 11,72% atau kategori baik. Selanjutnya ketuntasan belajar siswa meningkat lagi menjadi 86,36% pada Siklus II, yakni dari 22 siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM 70 sebanyak 19 siswa dan aktifitas siswa selama pembelajaran sangat baik dengan nilai rata-rata 13,54. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI MI. Qur’aniah VII Palembang dalam menemukan ide pokok paragraf melalui membaca intensiif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:43
Last Modified: 30 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14419

Actions (login required)

View Item View Item