Efektivitas Manajemen Majlis Ta’lim Ratib Al-Haddad Wa Dakwah Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Pada Remaja Keturunan Arab Di Kampung Sungai Bayas Keluruhan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur III Kota Palembang.

ABDULLAH, AFIF (2020) Efektivitas Manajemen Majlis Ta’lim Ratib Al-Haddad Wa Dakwah Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Pada Remaja Keturunan Arab Di Kampung Sungai Bayas Keluruhan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur III Kota Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
full bab afif syatiri (1) fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada Tahap Remaja, manusia sedang mencari jati diri dalam hal ini kepribadian, kepribadian yang dibentuk dari lingkungan yang baik akan menjadi pribadi yang baik begitu pula sebaliknya. Sering kali pada usia remaja suka mencoba hal apapun sehingga ada yang masuk kedalam kemaksiatan. Salah satu pemicu dari hal tersebut yaitu kurangnya pemahaman agama. Pemahaman agama sendiri merupakan suatu proses pembelajaran sejauh mana mereka mempelajari agama. Inilah yang menjadi hal yang menarik bagi penulis diteliti karena tempat penelitian penulis yang terletak di Kampung Arab yang notabene merupakan Dzurriyat Nai Muhammad SAW. . Jenis penelitian ini adalah penelitian Lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif melalui pendekatan library research menurut Miles and Huberman yaitu pereduksi data, pemaparan data, dan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil wawancara dari royyan dan ali alkaff dapat disimpulkan bahwa remaja di kampung sungai bayas ini untuk pemahaman agamanya baik dari sisi intern artinya mereka mengerti agama dan mampu mempraktekkan ajaran yang telah mereka pelajari selama ini. Berdasarkan hasil wawancara tersebut bahwa para remaja ini saling bahu membahu dalam membangun persatuan guna membentengi mereka dari pengaruh buruk yang terjadi diluar kampung sungai bayas mengingat lingkungan disekitar kampung sungai bayas merupakan lingkungan yang serinng terjadi premanisme, minum-minuman keras, berjudi dan lain-lain. Berdasarkan permasalahan tersebutlah para pemuda akhirnya mengikuti Majlis Ratib Haddad Wa Dakwah Palembang.. Pada Kegiatan Pembacaan Ratib Haddad, Pembina melihat beberapa perubahan tingkah laku para remaja seperti tutur kata yang bagus, pakaian rapi dan tertib dalam melaksanakan kegiatan pembacaan ratib. Pada Kegiatan Pembacaan Burdah, tujuan dari pembacaan burdah ini yaitu selalu mengingat Rasulullah SAW yang memang mereka merupakan Dzurriyat Rasulullah SAW dan Kegiatan Ziarah Ke Makam Al-Arif Billah Al-Habib Ahmad Bin Syekh Shahab bertujuan untuk mereka selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan xi kematian, mereka akan termotivasi untuk rajin beribadah seakan-akan mereka akan kembali ke Rahmatullah esok hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB ??
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:43
Last Modified: 30 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14421

Actions (login required)

View Item View Item