PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 PALEMBANG

PERTIWI, ANGGUN (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI ANGGUN PERTIWI.docx

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk : (1) menghasilkan bahan ajar materi volume kubus dan balok menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang memenuhi kriteria valid dan praktis untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Palembang, (2) mengetahui efek potensial bahan ajar materi volume kubus dan balok menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan dua tahap yaitu: tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 di SMP Negeri 26 Palembang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan lembar validasi. Tes dilakukan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa saat menggunakan bahan ajar pada materi volume kubus dan balok menggunakan pendekatan PMRI. Angket digunakan untuk memperoleh data tetang pendapat pengguna (siswa) terhadap kebermanfaatan pengembangan bahan ajar pada materi volume kubus dan balok menggunakan pendekatan PMRI. Lembar validasi digunakan untuk mendapatkan opini atau pendapat dari para pakar tentang kevalidan dan kepraktisan dari pengembangan bahan ajar pada materi volume kubus dan balok menggunakan pendekatan PMRI. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa (1) bahan ajar materi volume kubus dan balok yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan praktis. Valid terlihat dari hasil validasi pakar. Praktis terlihat dari hasil tahap one-to-one evaluation dan small group, (2) hasil uji lapangan (field test), diperoleh hasil bahwa secara umum bahan ajar materi volume kubus dan balok yang dikembangkan telah menggunakan pendekatan PMRI telah memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Materi Volume Kubus dan Balok, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:43
Last Modified: 30 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14422

Actions (login required)

View Item View Item