PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS ROLE PLAYING PADA TEMA 6 KELAS IV DI MI ADABIYAH II PALEMBANG

Yuliarsih, Irsa (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS ROLE PLAYING PADA TEMA 6 KELAS IV DI MI ADABIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 FIKS IRSA.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V FIKS IRSA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perencanaan desain bahan ajar k omik berbasis Role Playing pada Tema 6 “cita-citaku” kelas IV Di MI Adabiyah II Palembang, (2) menguji bahan ajar komik berbasis Role Playing pada Tema 6 “cita-citaku” kelas IV Di MI Adabiyah II Palembang ini berupa validasi, (3) menguji bahan ajar komik berbasis Role P laying pada Tema 6 “cita-citaku” kelas IV Di MI Adabiyah II Palembang ini berupa kepraktisan, Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model yang dikembangkan Tessmer bernama evaluasi formatif (formative evaluation) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji validitas data menggunakan angket pada tahap expert review dan one-to-one, dan uji kepraktisan data menggunakan angket pada tahap small group. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV MI Adabiyah II Palembang dengan jumlah 9 orang. Hasil penelitian menetapkan sebagai berikut : (1) perencanaan bahan ajar komik berbasis role playing pada tema 6 kelas IV dikategorikan yang dimulai dari perencanaan desain dan disesuaikan dengan materi pelajaran yang terdapat dalam buku siswa (2).bahan ajar komik berbasis role playingi pada tema 6 kelas IV di MI Adabiyah II Palembang dinyatakan valid dilihat dari angket kevalidan ahli materi dengan nilai 97, ahli bahasa dengan nilai 97, dan ahli desain 97, hal ini terlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang digunakan untuk merevisi bahan ajar untuk dijadikan prototype I sehingga dapat diuji valaditasnya pada tahap berikutnya, (3) penilaian hasil angket validasi yang dilakukan pada tahap expert review dan one to one berupa skor dengan rata-rata sebesar 92 sehingga dikategorikan valid, (4) penilaian hasil angket kepraktisan yang dilakukan pada Small Group berupa skor dengan rata-rata sebesar 94 sehingga dikategorikan sangat praktis, serta (5) penilaian hasil tes kefektifan yang dilakukan pada Field Test berupa skor dengan rata-rata sebesar 90 sehingga dapat dikatakan sangat efektif. Kata-kata kunci: komik, tematik, role playing

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: komik tematik role playing
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:45
Last Modified: 05 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item