DAMPAK KENAIKAN HARGA BAHAN POKOK TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT EKONOMI ISLAM DI DESA TIRTOSARI KECAMATAN BANYUASIN I

Kusmiyati, Kusmiyati (2018) DAMPAK KENAIKAN HARGA BAHAN POKOK TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT EKONOMI ISLAM DI DESA TIRTOSARI KECAMATAN BANYUASIN I. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
KUSMIYATI 11190060.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Turunnya harga karet yang sekarang mencapai Rp.6.000 per Kg semakin meresahkan masyarakat di desa Tirtosari karena kebanyakan warga masyarakat di desa Tirtosari berpenghasilan dan bekerja sebagai buruh dan petani karet. Dengan harga karet Rp.8.000/kg saja warga desa Tirtosari masih banyak yang belum bisa memenuhi kebutuhan bahan pokok setiap harinya apalagi dengan harga karet yang turun hinggga Rp.6.000/kg nya. Kenaikan harga bahan pokok Contohnya saja beras yang harganya mencapai Rp. 10.640/kg, minyak goreng mencapai Rp.11.780/kg, dan daging ayam mencapai Rp. 31.650/kg apakah bisa mencukupi dengan harga karet yang hanya Rp.6.000/kg nya untuk membeli kebutuhan pokok seperti diatas. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah dampak dari naiknya harga bahan pokok terhadap kehidupan atau kesejahteraan masyarakat di desa tirtosari yang berpenghasil rata-rata masih rendah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan, menjabarkan dan menggambarkan yang ada kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah pertama, sumber primer yaitu data yang berasal dari subyek aslinya yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara langsung kepada masyarakat desa Tirtosari. Kedua, sumber sekunder adalah data yang berasal dari beberapa dokumen yang terkait dengan masalah yang terkait. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa dampak yang dihadirkan adalah kurang baik karena kesejahteraan belum dirasakan oleh semua masyarakat desa Tirtosari. Ada ketimpangan yang sangat jauh dimana masyarakat desa Tirtosari masih banyak yang berpenghasilan rendah karena kebanyakan mereka bekerja sebagai petani dan buruh tani serta kurangnya penyerapan tenaga kerja oleh perusahaan yang ada di desa Tirtosari, sedangkan tingkat kesejahteraan masyarakat berbeda-beda dengan ragam profesi dan pekerjaan yang mereka kerjakan. Sedangkan harga kebutuhan bahan pokok dan kebutuhan lainnya yang harganya melambung tinggi tidak sesuai dengan pendapatan masyarakat desa tirtosari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:58
Last Modified: 05 Oct 2021 04:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14647

Actions (login required)

View Item View Item