PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN DAKON/CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 23 PALEMBANG

Mahmudah, Indri (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN DAKON/CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 23 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meneliti Adakah pengaruh metode permainan dakon/congklak terhadap hasil belajar siswa (2) Untuk mengetahui Hasil Belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode Permainan Dakon/Congklak pada mata pelajaran matematika pada pokok bahasan KPK dan FPB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field Research) yang bersifat kuantitatif. Adapun penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian true eksperiment design bentuk one grup pretest-posttest design yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek sampel sebanyak 1 kelas, yaitu kelas IV B yang berjumlah 15 siswa. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dilakukan pada waktu Sebelum Tes sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan Posttest dilaksanakan setelah pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata sebelum test sebesar 30, dan rata-rata Sesudah Tes sebesar 80. Dari hasil uji hipotesis diperoleh to > ttabel pada taraf signifikansi 5% atau α 0.05 dan taraf signifikansi 1% atau α 0.01, yakni 1,76 <37,31>2,14 maka nilai rata-rata Sesudah Tes pada kelas eksperimen signifikan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode permainan dakon/congklak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika pokok bahasan KPK dan FPB yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata Sebelum Tes ke Sesudah Tes. Kata Kunci : Metode Permainan Dakon/Congklak, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Permainan Dakon/Congklak Hasil Belajar Matematika
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:59
Last Modified: 05 Oct 2021 04:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14672

Actions (login required)

View Item View Item