KOMUNIKASI PROFETIK DALAM MENGAJAK SANTRI NON MUKIM MENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan)

Hurin‘In, Zulva (2019) KOMUNIKASI PROFETIK DALAM MENGAJAK SANTRI NON MUKIM MENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZULVA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Komunikasi memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, baik dalam bersosialisasi maupun pada saat proses belajar mengajar. Penelitian ini menggambarkan komunikasi profetik di pondok pesantren yang bertujuan untuk memahami proses komunikasi profetik dalam mengajak santri non mukim menghafal Al-Qur‟an. Penelitian ini menyajikan dua subtansi permasalahan yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan komunikasi profetik dalam mengajak santri non mukim menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah?. 2) Apa saja hambatan yang didapatkan saat mengajak santri non mukim menghafal Al�Qur‟an?. Permasalahan di atas akan dijawab dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis yaitu mengelompokkan data sesuai dengan kategorinya serta menguraikan seluruh konsep yang berkaitan dengan pembahasan penelitian. Sumber data penelitian ini adalah santri non mukim serta guru tahfizh Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori penguatan pesan (reinforcement theory). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi profetik yang dilakukan Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah yakni para guru berkomunikasi dengan baik (ma‟ruf) kepada santrinya sehingga menimbulkan efek baik bagi para santri. Kemudian memberikan motivasi yang dapat meningkatkan semangat menghafal para santri. Sosialisasi juga diadakan oleh pondok pesantren dengan memberikan penghargaan bagi santri-santri yang berprestasi. Sedangkan faktor penghambat dalam mengajak santri non mukim untuk menghafal Al-Qur‟an yaitu, sulitnya berkomunikasi langsung dengan para santri karena pengaruh jarak. Kemudian lingkungan tempat tinggal yang tidak mendukung dimana santri non mukim tidak bertempat tinggal di pondok pesantren sehingga menimbulkan kelalaian dalam menyetorkan hafalan serta menghambat proses menghafal santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:20
Last Modified: 08 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14775

Actions (login required)

View Item View Item