PENGARUH INFORMASI HOAKS SEPUTAR COVID-19 TERHADAPKECEMASAN MASYARAKAT (Studi Pada Masyarakat Desa Srimulyo Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur)

PAMUNGKAS, TITIN (2021) PENGARUH INFORMASI HOAKS SEPUTAR COVID-19 TERHADAPKECEMASAN MASYARAKAT (Studi Pada Masyarakat Desa Srimulyo Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
TITIN PAMUNGKAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Informasi Hoaks Seputar Covid-19 terhadap Kecemasan Masyarakat (Studi pada Masyarakat Desa Srimulyo Kecamatan Madang Suku II Kabupaten Oku Timur)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dampak informasi hoaks seputar covid-19 terhadap kecemasan masyarakat desa Srimulyo Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur dan seberapa besar pengaruh tersebut. Sepanjang kasus pandemi Covid-19 di dunia, berbagai media diramaikan dengan pemberitaan mengenai hal tersebut, bahkan ada beberapa akun di media sosial yang melebih-lebihkan berita tersebut sehingga jauh dari kenyataan yang sebenarnya. Beberapa informasi hoaks tersebut diterima oleh masyarakat desa Srimulyo sehingga menimbulkan kecemasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalaha metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil kajian observasi dan penelitian dengan menggunakan teori Stimulus-Organism-Respon (S-O-R) oleh Hovland (1953) menjelaskan bahwa media memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi sikap publik. Dari hasil pengelola data menggunakan SPSS 21.0, diperoleh hasil sebagai berkut: Ada pengaruh informasi hoaks seputar Covid-19 (X) terhadap variabel kecemasan masyarakat (Y), dibuktikan dari tabel uji Correlations dimana nilai signifikansi 0,000 < 0,1 yang artinya terdapat hubungan atau korelasi antara variabel X dan variabel Y. Lalu dari hasil R Square sebesar 0,679 (67,9%). Artinya bahwa variabel pengaruh informasi hoaks seputar Covid-19 (X) terhadap variabel kecemasan masyarakat (Y) adalah sebesar 67,9% sedangkan sisanya sebesar 32,1% di pengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:27
Last Modified: 08 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14941

Actions (login required)

View Item View Item