KONSEP DIRI PEMAIN GAME ONLINE SMARTPHONE DI KALANGAN KOMUNITAS GAMERS KOTA PALEMBANG (Studi Analisis di Komunitas Palembang All Star Kota Palembang)

RIZKI, MUHAMMAD (2020) KONSEP DIRI PEMAIN GAME ONLINE SMARTPHONE DI KALANGAN KOMUNITAS GAMERS KOTA PALEMBANG (Studi Analisis di Komunitas Palembang All Star Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Muhammad Rizki - 1527010005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Palembang All Star menjadi salah satu tempat berkumpulnya para gamers Palembang untuk menyalurkan hobinya. Komunitas ini selalu mengadakan lomba terhadap anggotanya guna melihat potensi mereka. Ruang lingkup seperti inilah yang bisa memicu terbentuknya konsep diri tiap individu. Karena tidak menutup kemungkinan konsep diri mereka akan lebih cenderung terbentuk didalam komunitas daripada seseorang yang tidak ikut bergabung. Serta keluarga mereka beranggapan apa yang mereka lakukan ini hanya membuang waktu, namun mereka tetap mengabaikan tanggapan keluarganya dan tetap bermain dan mengikuti komunitas ini. Terkait hal itu, membuat peneliti pun tertarik untuk meneliti bagaimana konsep diri pemain game online smartphone di kalangan komunitas gamer Palembang All Star kota Palembang. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis konsep diri gamers di kalangan komunitas Palembang All Star kota Palembang. Penulis menggunakan teori interaksi simbolik George Herbert Mead, serta menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah konsep diri seorang gamers memiliki konsep diri positif dan negatif. Konsep diri yang positif yaitu: 1) Gamers memiliki kesadaran akan potensi yang mereka miliki. 2) Gamersberusaha untuk memperbaiki diri serta mengimbangi dengan kegiatan yang positif guna meminimalisir tanggapan miring dari masyarakat. Kemudian konsep diri yang negatif dari gamers yaitu: 1) Beberapa gamers cenderung lebih pragmatis dan lebih cenderung mengabaikan akan tanggapan miring mengenai mereka. 2) Gamers akan melakukan apapun untuk kepuasannya tersendiri. 3) Gamersmemiliki sifat kecanduan akan bermain game, sehingga mereka tidak bisa lepas dari game online.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:27
Last Modified: 08 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item View Item