STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MELESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI KOTA PALEMBANG (Studi Terhadap Eksistensi Kesenian Dulmuluk Sanggar Harapan Jaya 16 Ulu Plaju)

Ramadhan, Rizki (2020) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MELESTARIKAN KESENIAN TRADISIONAL DI KOTA PALEMBANG (Studi Terhadap Eksistensi Kesenian Dulmuluk Sanggar Harapan Jaya 16 Ulu Plaju). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Rizki Ramadhan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi komunikasi merupakan perencanaan komunikasi untuk mencapai suatu tujuan dengan menunjukan bagaimana operasionalnya secara taktis melalui pendekatan (approach) yang bisa berbeda sewaktu-waktu tergantung situasi dan kondisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi sanggar seni Harapan Jaya dalam melestarikan kesenian teater Dulmuluk di Kota Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder, data primer penelitian ini adalah pengurus sanggar seni Harapan Jaya yaitu ketua dan wakil ketua sebagai informan pertama, dan juga tiga pemain Dulmuluk sanggar Harapan Jaya sebagai informan pendukung. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sanggar Harapan Jaya telah mencoba melakukan pelestarian kesenian Dulmuluk dengan menyesuaikan perkembangan zaman sekarang meski pelestarian yang dilakukan belum terlalu maksimal. Selain itu, terdapat hambatan�hambatan komunikasi yang terjadi dari internal maupun eksternal. Hambatan yang bersifat subjektif, objektif, sosiologis, dan antropologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:27
Last Modified: 08 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14978

Actions (login required)

View Item View Item