KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA (Studi Kasus Kelas XI SMA PGRI 2 PALEMBANG)

Raihan Allam, Dio (2020) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA (Studi Kasus Kelas XI SMA PGRI 2 PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Dio Raihan Allam.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul “Komunikasi Interpersonal Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa (Studi Kasus Kelas XI SMA PGRI 2 Palembang)”, sekolah sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik, oleh karena itu sekolah membentuk bagian Bimbingan Konseling untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan prestasinya. Berdasarkan dari rumusan masalah yaitu bagaimana komunikasi interpersonal guru BK dalam meningkatkan prestasi siswa? Dengan tujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru BK dalam meningkatkan berprestasi siswa dan mengetahui hambatan yang di hadapi oleh guru BK, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penggunaan teori Penetrasi Sosial Altman dan Taylor ini digunakan untuk membantu menyelesaikan penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan motivasi prestasi siswa guru BK melakukan tahapan seperti, tahap pendekatan, tahap pengakraban diri, tahap depenetrasi dan solasi, dan tahap pembukaan diri. Peneliti juga menemukan bahwa sikap atau prilaku pada siswa di sekolah SMA PGRI 2 Palembang memiliki perubahaan lebih baik saat komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru BK berjalan sesuai tahap�tahap sebelumnya. Selain itu juga setelah dilakukannya komunikasi interpersonal oleh guru BK, peneliti menemukan peningkatan prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik yang diraih oleh siswa di sekolah SMA PGRI 2 Palembang tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:27
Last Modified: 08 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14983

Actions (login required)

View Item View Item