HAFIDZ, MUHAMMAD (2017) PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AR-RIYADH 13 ULU PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Muhammad Hafidz (12210141).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Menghafal al-Qur’an merupakan suatu proses, mengingat materi yang dihafalkan harus sempurna, karena ilmu tersebut dipelajari untuk dihafalkan, bukan untuk dipahami. Namun, setelah hafalan al-Qur’an tersebut sempurna, maka selanjutnya ialah diwajibkan untuk mengetahui isi kandungan yang ada di dalamnya. Menghafal al-Qur’an merupakan suatu proses, mengingat materi yang dihafalkan harus sempurna, karena ilmu tersebut dipelajari untuk dihafalkan, bukan untuk dipahami. Namun, setelah hafalan al-Qur’an tersebut sempurna, maka selanjutnya ialah diwajibkan untuk mengetahui isi kandungan yang ada di dalamnya. Pondok Pesantren Ar-Riyadh merupakan suatu lembaga pendidikan yang berusaha mencetak santri terbaik, baik dari segi afektif, kognitif maupun psikomotoriknya. Sehingga di Pondok Pesantren Ar-Riyadh memiliki banyak program ekstrakurikuler, salah satu diantara program yang ada di Pondok Pesantren Ar-Riyadh yaitu Tahfidzul Qur’an. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang. Jenis pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berupa naskah wawancara, catatan lapangan, gambar-gambar. Untuk memperoleh data yang akurat, maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari empat informan inti dan dua informan pendukungadalah sebagai berikut: pertama, menunjukan bahwa program tahfidz al-Qur’an di Pesantren Ar-Riyadh merupakan program ekstrakurikuler dan kegiatan pelaksanaan program tersebut berjalan dengan cukup baik, namun pada proses muroja’ah perlu diwajibkan kepada seluruh santri tahfidz, dan perlu ditambahkan pembimbing dalam pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an. Kedua, faktor pendukung: Fisik dan Psikis yang baik, dukungan penuh dari Pesantren, reward atau piagam, dan fasilitas seperti al-Qur’an, kartu menghafal dan ruangan khusus bagi santri tahfidz al-Qur’an. Faktor penghambat: rasa malas yang datang pada santri tahfid dan waktu yang sedikit atau kurang bisa mengontrol waktu dengan baik untuk mengulang dan menghafal al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:51 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1502 |
Actions (login required)
View Item |