STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGINAP DI HOTEL BEST SKIP PALEMBANG

Utari, Yustika (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGINAP DI HOTEL BEST SKIP PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
YUSTIKA UTARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan gabungan dari semua unsur Marketing Mix, yang memfasilitasi terjadinya pertukaran barang dan jasa untuk disebarluaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Best Skip dalam meningkatkan jumlah penginapya. Hotel Best Skip merupakan Hotel bintang 2 yang terletak dipusat kota Palembang. Hotel Best Skip memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan daya tarif yang murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah General Manager, Team Marketing, pengunjung Hotel, serta staff dan karyawan Hotel. Sedangkan sumber data sekundernya yaitu berupa dokumen, struktur organisasi, serta buku yang berkaitan dengan penelitian. Hotel ini menerapkan beberapa model komunikasi seperti komunikasi langsung dan tidak langsung. Komunikasi langsung yang dilakukan oleh Hotel ini yaitu berupa Sales Promotion, Personal Selling, dan Direct selling. Sedangkan komunikasi tidak langsung yang dilakukan Hotel ini yaitu dengan menggunakan promosi melalui media sosial seperti facebook, tweeter, instagram, internet, brosur, dan lain sebagainya. Hotel Best Skip Palembang menerapkan strategi yang lebih fokus kepada kegiatan promosi, namun Hotel ini juga berusaha untuk memaksimalkan kualitas produk, fasilitas, harga dan pelayanannya guna untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kegiatan promosi pemasaran yang dilakukan oleh Sales Marketing di Hotel Best Skip yaitu melalui spanduk promosi maupun promosi internet, dikarenakan kegiatan promosi ini memakan biaya yang relatif murah namun dapat memiliki hasil yang maksimal. Kegiatan internal Hotel setiap hari mengadakan meeting harian untuk memantau bagaimana perkembangan dan kondisi Hotel. Proses srategi yang selanjutnya yaitu dengan melakukan analisis situasi oleh Marketing dan Manager Hotel seperti mengadakan riset dengan menganalisa laporan Income Audit atau pendapatan setiap harinya baik berupa keuangan maupun jumlah tamu yang menginap. Selain itu, pihak Marketing juga memantau Feedback atau respon pelanggan melalui komentar pelanggan pada website Hotel. Faktor yang mempengaruhi penginap di Hotel Best Skip yaitu karena Hotel ini memliki harga yang murah dan fasilitas yang cukup lengkap.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:28
Last Modified: 08 Oct 2021 03:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/15023

Actions (login required)

View Item View Item