HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN SURAT AN-NABA’ SANTRI KELAS I A MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR.[SKRIPSI]

HERIYANTO, AHMAD (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN SURAT AN-NABA’ SANTRI KELAS I A MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM SAKATIGA KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
AHMAD HERIYANTO (10210009).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menjalar dan menyebar kedalam berbagai macam kajian keilmuan, termasuklah dalam bidang ilmu Agama. Mengikuti perkembangan zaman yang semakin berkembang dan terus berkembang, menuntut siswa untuk selalu ikut andil dalam segala aspek perilaku dan kemampuan di berbagai bidang. Kemampuan ini merupakan sumber untuk para siswa ikut dalam perkembangan ilmu pengetahuan, maka dari itu kemampuan seseorang merupakan tombak utama, khususnya dalam belajar. Dan salah satunya kecerdasan emosional yang menjadi tombak utama untuk mengelolah kemampuan belajar. Pokok permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini kecerdasan emosional santri kelas I A Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga, bagaimana hafalan Al-Quran Surat An-Naba‟ santri kelas I A Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga, dan juga bagaimana hubungan kecerdasan emosional dalam meningkatkan hafalan Al-Quran Surat An-Naba‟ santri kelas I A Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional santri, hafalan Al-Quran Surat An-Naba‟ santri, dan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hafalan Al-Quran Surat An-Naba‟ santri kelas I A Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data diperoleh dari data primer yaitu data yang bersumber dari responden, dan data skunder yaitu data penunjang yang diperoleh dari dokumentasi sekolah. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 21 santri di kelas I A Madrasah Aliyah. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan pengaruhnya terhadap hafalan Al-Quran Surat An-Naba‟. Dapat dilihat dari hasil penghitungan Kecerdasan emosional Santri kelas I A madrasah Aliyah tergolong tinggi atau baik sebanyak 4 Santri (19%), tergolong sedang sebanyak 14 Santri (67%), tergolong rendah sebanyak 3 Santri (14%). Hafalan Al-Quran Surat An-Naba‟ Santri kelas I A madrasah Aliyah tergolong tinggi atau baik sebanyak 4 Santri (19%), tergolong sedang sebanyak 13 Santri (62%), tergolong rendah sebanyak 4 Santri (19%). Dan dapat dilahat dari penghitungan Phi lebih besar daripada “r” tabel. Baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%, yaitu 0,433<0,843>0,549.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:51
Last Modified: 04 Dec 2017 04:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item