PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG.[SKRIPSI]

FITRIYANI, FITRIYANI (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FITRIYANI (NIM 13270042).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini 1)Bagaimana Penerapan Metode Diskusi Kelompok Mata pelajaran Fiqih kelas V Di Madrasah Ibtidiayah hijriyah II Palembang.2) Bagaimana Hasil Belajar Fiqih Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang.3) Bagaimana Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran fiqih Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Skripsi ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental design bentuk Nonequevalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan suatu penelitian yang benar benar dilakukan .Sampel penelitian ini mengambil sampel kelas V.b yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi yaitu untuk mengamati aktivitas belajar Fiqih pada saat diterapkan metode Diskusi Kelompok, dokumentasi untuk mengetahui data tentang keadaan guru, keadaan siwa dan sarana pra sarana sekolah,wawancara yaitu untuk mengetahui proses belajar mengajar di MI Hijriyah II Palembang, dan test (pre test dan post test) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Untuk tes analisa data, penulis menggunakan rumus analisa Uji Normalitas, Homogenitas TSR dan Uji”t” Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V.B sebelum diterapkan metode Diskusi Kelompok tergolong tinggi dengan presentse18,18%, tergolong sedang dengan presentase 69,97%, dan tergolong rendah dengan prsentase 12,12% hal ini dilihat dari hasil pre test. Sedangkan hasil belajar siswa setelah dieterapkan metode Diskusi Kelompok tergolong tinggi dengan presentase 21,21%, tergolong sedang dengan presentase 60,61% dan tergolong rendah dengan prsentase 18,18%. Jadi dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan sebelum menerapkan metode Diskusi Kelompok dengan setelah diterapkan metode Diskusi Kelompok dapat dilihat dari hasil uji”t” hitung yang besarnya diperoleh dalam perhitungan ( = 9,3432) sedangkan besarnya t yang terncantum pada tabel t ( = 2,04 ) dan ( = 2,75. Dengan rincinan 2,04 9,3432 2,75 Maka hipotesis Nihil ( ) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa danya pengaruh penerapan metode Diskusi Kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas V di madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Dec 2017 07:23
Last Modified: 05 Dec 2017 07:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item