PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP ETIKA BERKOMUNIKASI (STUDI SISWA SMAN 1 PAYARAMAN)

Fajar Anugerah, Milano (2019) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP ETIKA BERKOMUNIKASI (STUDI SISWA SMAN 1 PAYARAMAN). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Milano Fajar Anugerah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Game Online Terhadap Etika Berkomunikasi (Studi Siswa SMAN1 Payaraman)”. Ketika seorang gamer terlalu sering bermain game online di manapun dan kapanpun, mereka tanpa sadar akan terbawa suasana saat bermain game online dikehidupan sehari-hari. Kebiasaan itu seperti berkata kotor, mengumpat, dan mengejek atau mendiskriminatif individu lain di dalam game online yang nantinya membawa dampak buruk pada etika berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Game Online (Variabel X) terhadap etika berkomunikasi siswa ataupun remaja (Variabel Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 orang dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, maka jumlah sampel penelitian yang diambil adalah semua anggota populasi 120 orang digunakan sebagai sampel yang merupakan siswa kelas XII SMAN1 Payaraman. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif melalui upaya pengumpulan dan pengukuran data berupa angket. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori ketergantungan media (Dependency Media Theory) dimana media baru saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga menyebabkan rasa candu atau ketergantungan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang skala pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS 22.0 yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung untuk variabel bermain game online adalah sebesar 4,330 dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai ttabel pada a = 0,05% adalah 1,660. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (4,330> 1,660) dengan nilai signifikansi (kurang dari 0,05) maka H1 diterima, artinya ada pengaruh game online terhadap etika berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:37
Last Modified: 11 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/15452

Actions (login required)

View Item View Item