Adli, Mailan (2016) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP PGRI 11 PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB II.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran guru PAI adalah taktik kegiatan guru secara terprogram dalam pembelajaran, untuk menjadikan siswa belajar secara aktif dan memahami apa yang diajarkan, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar yang terarah secara maksimal, serta merubah tingkah laku peserta didik dan menciptakan relasi yang bersifat mendidik, sehingga peserta didik mampu berkembang secara optimal. Masalah yang di bahas dalam penelitian ini adalah Aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 11 Palembang. Strategi guru PAI dalam mengoptimalkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 11 Palembang. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru PAI dalam mengoptimalkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 11 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif artinya penelitian ini menggunakan penjelasan, menggambarkan, dan menguraikan pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini kemudian di tarik kesimpulan secara deduktif. Data kualitatif tidak memakai angka tetapi dengan penjelasan di dalam kalimat. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data kualitatif adalah yang menggambarkan kata-kata atau kalimat-kalimat yang dipisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Adapun termasuk data kualitatif adalah strategi guru dalam mengoptimalkan aktivitas belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa, Pertama, Aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 11 Palembang sudah optimal dikarenakan melihat peserta didik yang aktif, rajin, dan juga peserta didik yang antusias atau gembira dalam mengikuti proses pembelajaran. Kedua, Strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam mengoptimalkan aktivitas belajar peserta didik sudah baik dan cukup untuk mengoptimalkan atau menyempurnakan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII dikarenakan melihat strategi-strategi yang digunakan guru PAI dalam mengajar. Ketiga, Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru PAI dalam mengoptimalkan aktivitas belajar peserta didik sudah cukup berpengaruh baik terhadap strategi guru tersebut dikarenakan adanya faktor pendukung, seperti penanganan kedisiplinan, adanya SDM, mendukungnya sarana dan prasarana, adanya perpustakaan, laboratorium dan ruang komputer sekolah yang cukup mendukung keberhasilan dalam mengoptimalkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII di SMP PGRI 11 Palembang. Ada juga faktor pengahambatnya, tetapi tidak terlalu berpengaruh terhadap strategi guru PAI tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | ?? LB ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 07:56 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 07:56 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/158 |
Actions (login required)
View Item |