ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MI YPPI WONOREJO BELITANG

LAILIANA, RIA (2020) ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MI YPPI WONOREJO BELITANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I skripsi ria L.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V skripsi ria L.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan guru dalam pengelolaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan pertamaMendeskripsikan permasalahan guru dalam perencanaan pembelajaran, kedua mendeskripsikan permasalahan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, ketiga mendeskripsiskan permasalahan guru dalam penilaian pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di MI YPPI Wonorejo Belitang. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas MI YPPI Wonorejo Belitang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, 1) Permasalahan yang dialami guru dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di MI YPPI Wonorejo Belitang, guru mengalami permasalahan dalam pembuaatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diantaranya yaitu guru mengalami permasalahan dalam merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, serta dalam menentukan metode dan media yang akan digunakan guru dalam proses pembelajaran. 2) Permasalahan yang dimiliki guru dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di MI YPPI Wonorejo Belitang adalah kurang menunjangnya sarana dan prasarana yang dapat digunakan dalam proses pelaksanaan pembelajaran seperti keterbatasan buku dan juga media pembelajaran yang membuat pembelajaran menjadi monotonsehingga peserta didik kurang memiliki minat belajar. 3) Permasalahan yang dimiliki guru dalam penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 di MI YPPI Wonorejo Belitang adalah ketidaksiapan guru dan sekolah dalam proses pembelajaran dimana peserta didik tidak memiliki buku tematik sehingga guru tidak bisa melakukan penilaian secara menyeluruh (autentik), guru hanya melakukan penilaian secara kognitif tanpa melibatkan penilain afektif dan penilaian psikomotorik dalam pembelajaran. Kata kunci : Pengelolaan pembelajaran, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pembelajaran Kurikulum 2013
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:57
Last Modified: 11 Oct 2021 01:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item View Item