ANALISIS PROBLEMATIKA GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 3 MUARA ENIM

SONIA, SONIA (2021) ANALISIS PROBLEMATIKA GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 3 MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I SONIA ( 1710201053 ).pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V SONIA ( 1710201053 ).pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru kelas dalam perencanaan pembelajaran tematik pada kelas tinggi di SD Negeri 3 Muara Enim. Untuk mengetahui problematika guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas tinggi di SD Negeri 3 Muara Enim. Dan untuk mengetahui upaya guru kelas dalam mengatasi problematika pembelajaran tematik pada kelas tinggi di SD Negeri 3 Muara Enim. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triagulasi, dan kecukupan referensial. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain (1) Problematika guru kelas dalam perencanaan pembelajaran tematik pada kelas tinggi antara lain: kesulitan dalam menentukan langkah kegiatan pembelajaran tematik dalam RPP, kesulitan dalam merumuskan keterpaduan berbagai mata pelajaran, kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran dan alat peraga yang sesuai dengan materi pelajaran dan karakteristik peserta didik pada kelas tinggi pada langkah – langkah pembelajaran tematik dalam RPP, dan keterbatasan buku penunjang dan buku siswa; (2) Problematika guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas tinggi antara lain: koneksi jaringan kurang stabil, beberapa peserta didik kurang fokus dan sulit memahami materi pembelajaran tematik serta sulit mengetahui keseriusan belajar dan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran tematik secara daring, kesulitan dalam mengaitkan berbagai mata pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik tidak sesuai dengan RPP yang telah dirancang, karakteristik peserta didik, tingkat berpikir dan kemampuan peserta didik berbeda – beda, keterbatasan alat peraga dan buku di sekolah, sarana prasarana belum memadai, dan keterbatasan waktu dan kemampuan guru kelas dalam membuat alat peraga; (3) Upaya guru kelas dalam mengatasi problematika pembelajaran tematik pada kelas tinggi di SD Negeri 3 Muara Enim antara lain: bertanya atau sharing dengan teman – teman atau rekan – rekan, mengikuti kegiatan rapat mengenai membuat atau menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik, terus mempelajari atau menggali ilmu mengenai pembelajaran tematik baik, memahami karakteristik peserta didik, menata atau mengelolah tempat duduk peserta didik, menguasai kelas dan materi pembelajaran, meminta pendapat peserta didik mengenai kegiatan pembelajaran tematik, dan menciptakan trik – trik pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Kata Kunci: Problematika, Guru Kelas, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru Kelas Pembelajaran Tematik
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:59
Last Modified: 11 Oct 2021 01:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16068

Actions (login required)

View Item View Item