Strategi Komunikasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Domestik (Studi Kasus Museum Candi Bumiayu Desa Tanah Abang Kabupaten PALI)

ANANDA PUTRI, RISKI (2020) Strategi Komunikasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Domestik (Studi Kasus Museum Candi Bumiayu Desa Tanah Abang Kabupaten PALI). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
RISKI ANANDA PUTRI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penelitian bertujuan untuk mengetahui secara mendalam strategi komunikasi dan kendala komunikasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya di Museum Candi Bumiayu untuk meningkatkan daya tarik wisatawan domestik dengan kelebihan dari strategi dan kelemahannya. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif, metode ini adalah pencarian fakta dengan intepretasi yang tepat. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang di gunakan yaitu teori Penyusunan Tindakan menguji cara kita mengatur pengetahuan dalam pikiran dan menggunkannya untuk membentuk pesan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa dalam menentukan strategi komunikasi menggunakan teori Penyusunan Tindakan yang dilakukan Balai Peletarian Cagar Budaya memiliki empat langkah yaitu Planning, Organizing, Actuacting, Evaluating. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dari Balai Peletarian Cagar Budaya yaitu Planning, meningkatkan kualitas pelayanan, menambah fasilitas hiburan, memperbanyak kegiatan atau Event kebudayaan, mengajak warga dan karang taruna dalam mempromosikan dan memproduksi sofenir, Organizing, pengstrukturan kerja sama, pemilihan staf, dan fungsionalisasi, seperti Ketua BPCB, Subbag Tata Usaha, seksi pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dokumentasi dan publikasi, Actuacting, melakukan promosi, seperti kunjungan wajib bagi setiap sekolah di Pali, membuat website facebook, instagram untuk menyebarkan informasi mengenai webinar atau lomba-lomba, membuat dan menyebarkan pamphlet, mengadakan acara pemutaran film dan membuat sofenir, Evaluating, meninjau kembali kegiatan-kegiatan yang telah di jalankan, mengalami kemajuan atau kemunduran. Dan kendalanya yaitu Misscommunicantiaon atau Kesalahpahaman dan Kurangnya penyampaian Informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:59
Last Modified: 11 Oct 2021 01:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16072

Actions (login required)

View Item View Item