PENGARUH MODEL OPEN ENDED DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD/MI

Yulita, Fazaria Eka (2021) PENGARUH MODEL OPEN ENDED DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I Latar Belakang.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Simpulan dan Saran.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran open ended menurut Suyatno merupakan pendekatan pembelajaran terbuka dimana pendekatan ini menyajikan permasalahan dengan berbagai macam cara penyelesaian, yaitu dengan memberikan permasalahan atau pertanyaan, lalu siswa menyelesaikan permasalah tersebut secara individu atau kelompok. Model open ended dapat dikatakan suatu model pembelajaran dimana siswa diberikan sebuah soal atau permasalahan dan dalam penyelesaian masalah tersebut siswa bisa menggunakan berbagai cara penyelesaian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model open ended dan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model open ended dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian randomized control group pretest-pascatest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model open ended di kelas eksperimen dapat terlaksana dengan baik. Nilai post test kelas ekprimen lebih tinggi dibanding nilai post test kelas kontrol. Selain itu berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai t hitung yaitu 2,463, nilai ini didapat melalui uji t independent sampel t test dan untuk nilai ttabel yaitu 2,178. Jika nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel maka hipotesis diterima. Hasilnya menunjukkan bahwa 2,463 lebih besar dibanding 2,178, yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model open ended dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SD/MI. Kata Kunci: Model Open Ended, Hasil Belajar Matematika, Materi Pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Open Ended Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:02
Last Modified: 11 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item