Penerapan prinsip-prinsip administrasi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu

IKA, HENYTA (2013) Penerapan prinsip-prinsip administrasi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1 skripsi.docx

Download (46kB)
[img] Text
bab II skripsi.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III skripsi.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV skripsi.docx

Download (39kB)
[img] Text
bab V.docx

Download (18kB)

Abstract

Henyta Ika S (2013) skripsi ini berjudul “Penerapan prinsip-prinsip administrasi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu”. Latar belakang penelitian skripsi ini adalah pelaksanaan administrasi pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu tidak dilakukan sesuai prinsip-prinsip administrasi yang seharusnya. Hal ini tampak pada hasil evaluasi administrasi pendidikan yang kurang menunjang dalam pencapaian administrasi pendidikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu, faktor penghambat dan pendukung penerapan prinsip-prinsip administrasi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu, penerapan prinsip-prinsip administrasi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah tentang tentang keadaan administrasi pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu, mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu, faktor penghambat dan pendukung penerapan prinsip-prinsip administrasi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu, penerapan prinsip-prinsip administrasi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu. Penelitian ini sama penelitian deskriptif kualitatif yaitu berdasarkan fakta dilapangan yang tersusun atas lima bab. Data yang dukumpulkan berupa hasil interview dan wawancara kepada TU, kepala sekolah dan guru. Kemudian sumber data skunder berupa administrasi pendidikan dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan tehnik analilis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data (penyederhanaan data), penyajian data, dan verifikasi (penyimpulan data). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penerapan prinsip-prinsip administrasi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu. Hasil penelitian ini dilihat dari segala aspek, misalnya dari adanya guru, lokasi sekolah, siswa, sarana prasarana, hingga masyarakat. Sebagai pelaksana pendidikan ini merupakan profesional yang memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan administrasi sekolah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keadaan administrasi pendidikan di SMP Negeri 03 Sekayu tidak dilakukan sesuai prinsip-prinsip administrasi yang seharusnya. Dalam penerapan administrasi ini ada faktor pendukung dan penghambatnya. Faktor pendukungnya adalah sudah tersedianya gedung perpustakaan, ruang guru, sarana dan prasarana yang cukup memadai, serta kurangnya partisipasi dari warga sekolah. Padahal meskipun administrasi pendidikan adalah tugas staff administrasi, akan tetapi pada langkah administrasi pendidikan yaitu perencanaan administrasi pendidikan, administrasi berfungsi untuk melancarkan segala kegiatan pendidikan, administrasi juga berkaitan erat dengan mutu pendidikan yang dicapai mutu sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:02
Last Modified: 11 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16193

Actions (login required)

View Item View Item