EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMK NEGERI 1 SANGA DESA SEKAYU

Narariah, Dwi (2013) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMK NEGERI 1 SANGA DESA SEKAYU. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
isi skripsi.docx

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Sanga Desa, Sekayu. Sampel penelitian dari kelas X jurusan Akutansi 1 sebagai kelas eksperimen dan X Akutansi 2 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes, observasi dan wawancara. Sampel penelitian diambil dari dua kelas yaitu siswa kelas X jurusan Akutansi 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X jurusan akutansi 2 sebagai kelas kontrol. Dari hasil pretes rata-rata nilai siswa kelas eksperimen yaitu 34,35 dan kelas kontrol nilai rata-ratanya yaitu 30,78, kemudian berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa rata-rata skor 51 pada kelas eksperimen siswa tergolong aktif, dan 24,33 siswa tergolong kurang aktif pada kelas kontrol. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara terhadap siswa pada kelas eksperimen menyatakan bahwa pembelajaran matematika pada sistem persamaan linear dua variabel menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika dapat memudahkan dalam menjawab soal sehingga jawaban lebih terstruktur, dan dapat mengubah informasi ke dalam bentuk yang sederhana dengan contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian pada pertemuan terakhir dilaksanakan postes, hasil postes pada kelas eksperimen rata-rata nilai siswa adalah 76,26 dan kelas kontrol rata-rata nilai siswa adalah 62,16, selanjutnya data dianalisis dan hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas X SMK Negeri 1 Sanga Desa, Sekayu, terbukti dapat dilihat dari hasil uji Z yaitu Zhitung > Ztabel adalah 5,8 > 1,645, pada taraf nyata α = 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:03
Last Modified: 11 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16195

Actions (login required)

View Item View Item