PERANAN SUPERVISOR DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI PONDOK PESANTREN QODRATULLAH LANGKAN

Gunawan, Acep (2012) PERANAN SUPERVISOR DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI PONDOK PESANTREN QODRATULLAH LANGKAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
ALHAMDULILLAH 1.docx

Download (149kB)
[img] Text
2.docx

Download (63kB)
[img] Text
3.docx

Download (65kB)
[img] Text
4.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana Peranan supervisor dalam pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat supervisor dalam pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan supervisor dalam pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat supervisor dalam pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, populasi sebanyak 3 orang yang terdiri dari kepala sekolah MI, MTs, dan MA, dan ditambah 9 orang ustad dan ustadzah yang menjadi responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi dan wawancara. Setelah dilakukan penganalisaan data maka dapat diketahui bahwa Peranan Supervisor dalam Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sudah berjalan cukup baik sebagaimana mestinya, akan tetapi perlu ditingkatkan lagi karena ada beberapa guru yang masih kurang memahami KTSP akan tetapi karena sering diadakan kegiatan supervisi maka diharapkan guru yang tadinya masih kurang memahami KTSP akan manjadi paham dan bisa menerapkan dan mengambangkannya dengan baik dan benar, adapun faktor pendukungnya sarana dan prasarana yang menunjang dalam kegiatan belajar mengajar, pendidikan guru sesuai dengan bidangnya/ kualifikasinya, perangkat pembelajaran yang dibuat guru, dukungan dari pihak yayasan dalam hal ini Mudir PPQ, mengikutkan seluruh guru dalam diklat secara bergantian, dan mengadakan rapat bulanan pada setiap tanggal 17 dengan mendatangkan pembicara, sedangkan faktor penghambatnya masih adanya guru yang kurang pemahaman terhadap KTSP, MGMP kurang, kurangnya pelatihan pendidikan, adanya guru yang berhenti, dan adanya beberapa guru yang background-nya bukan dari sarjana kependidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:04
Last Modified: 11 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16253

Actions (login required)

View Item View Item