PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESUME KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUARA ENIM

AKBAR, RIDHO (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESUME KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
9. BAB I.docx

Download (53kB)
[img] Text
10. BAB II.doc

Download (121kB)
[img] Text
11. BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
12. BAB IV.docx

Download (47kB)
[img] Text
13. BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis di SMA Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Penulis mengamati proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hasil dari pengamatan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tanjung Agung belum begitu maksimal. Hal ini dikarenakan di dalam proses pembelajaran guru kebanyakan masih menerapkan metode ceramah. sehingga siswa merasa bosan dan mengalami kejenuhan belajar yang mengakibatkan mereka kurang merespon pelajaran yang sedang berlangsung, hal ini dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat merangsang siswa untuk berpikir sehingga mereka bisa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran maka penulis ingin menerapkan Model Pembelajaran Resume Kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Resume Kelompok. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran di kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran Resume Kelompok.Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Resume Kelompok ada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Agung Yang berjumlah 617 orang siswa, dengan sampel 70 orang siswa dari dua kelas yaitu kelas XI MIA1 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol, alat pengumpul datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Rumus untuk analisis data memakai tes“t” atau dalam keadaan dua sampel yang kita teliti merupakan sampel besar (N lebih dari 30). Hasil penelitian menunjukkan Penerapan dengan menggunakan model pembelajaran Resume Kelompok telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, terlihat secara signifikan meningkat atau lebih baik dibandingkan dengan penerapan tanpa menggunakan model pembelajaran Resume Kelompok. Hal ini terlihat dari adanya selisih mean (rata-rata) hasil posstest sebesar 11,69, dan selisih ketercapaian KKM sebesar 51,43%, yang diperoleh dari nilai keseluruhan siswa, serta t0 yang lebih besar dari pada baik pada taraf signifikansi 5 % atau pada taraf signifikansi 1% yakni: 2,00 < 6,87 > 2,65.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:04
Last Modified: 11 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16254

Actions (login required)

View Item View Item