PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI PALEMBANG

ARINI, ANGGI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning melalui Metode Resource Based Learning di SMP Negeri 19 Palembang, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Contextual Teaching Learning melalui Metode Resource Based Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa di SMP Negeri 19 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posstest Only Control Design yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan tahap kesimpulan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII3dan VII 5 di SMP Negeri 19 Palembang. Siswa kelas VII3 merupakan kelas eksperimen sedangkan siswa kelas VII 5 merupakan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar Observasi dan tes. Lembar Observasi bertujuan untuk menilai aktivitas siswa selama kegiatan belajar. Tes digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Contextual Teaching Learning melalui Metode Resource Based Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan ttabel = 1,67 thitunng = 8,836 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 78 maka dapat disimpulkan bahwa Contextual Teaching Learning melalui Metode Resource Based Learning dapat diterapkan dengan baik di SMP Negeri 19 Palembang dan Contextual Teaching Learning melalui Metode Resource Based Learning mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa di SMP Negeri 19 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:04
Last Modified: 11 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item View Item