REPRESENTASI KETIDAKADILAN GENDER ANALISIS KETIDAKADILAN GENDER DALAM FILM “AKU DIKHIANATI AYAHKU & SUAMIKU” DI INDOSIAR

Haranina, Cindo (2021) REPRESENTASI KETIDAKADILAN GENDER ANALISIS KETIDAKADILAN GENDER DALAM FILM “AKU DIKHIANATI AYAHKU & SUAMIKU” DI INDOSIAR. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Cindo Haranina.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi-Cindo Haranina.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Film “Aku dikhianati Ayahku & Suamiku” merupakan salah satu episode dari series Catatan Hati Seorang Istri yang menceritakan tentang berbagai permasalah rumah tangga yang dialami oleh perempuan. Permasalahan tersebut menggambarkan berbagai ketidakadilan yang terjadi pada perempuan. Adapun tujuan melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana representasi ketidakadilan gender dalam film Aku dikhianati Ayahku & Suamiku. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis wacana Teun A. Van Dijk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bangunan wacana teks film tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pembuatan film “Aku dikhianati Ayahku & Suamiku menyampaikan pesannya mengenai permasalahan yang sebagian besar menimpa perempuan dalam rumah tangga. Ketidakadilan gender dalam film tersebut dikaitkan dengan permasalahan hak-hak perempuan, patriarki, dan kekerasan terhadap perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:04
Last Modified: 11 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16267

Actions (login required)

View Item View Item