PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI LINGKARAN

ARIN, ARIN (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI LINGKARAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis komputer dengan menggunakan Adobe Flash CS6 pada materi lingkaran yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development reserach) yang terdiri dari tahap persiapan (preliminary) dan tahap prototipe (prototyping) yang meliputi self evaluation, one-to-one, small group, dan field test dengan menggunakan alur evaluasi formatif oleh Tessmer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, angket, wawancara, dan tes. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Palembang tahun pelajaran 2020/2021, dengan diambilnya sebanyak enam siswa pada tahap one-toone, sembilan siswa yang dibagi menjadi tiga kelompok pada tahap small group, dan satu kelas yaitu kelas 8B pada tahap field test. Hasil penelitian ini, yakni: (1) Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis komputer dengan menggunakan Adobe Flash CS6 pada materi lingkaran yang valid. Validitas dilihat dari segi konten, kontruk, dan bahasa. Secara kuantitatif, validasi materi sebesar 82,42% dan validasi media sebesar 82,56%. (2) Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis komputer dengan menggunakan Adobe Flash CS6 pada materi lingkaran yang praktis. Kepraktisan media dilihat dari hasil angket respon siswa dan wawancara tahap one-to-one, small group dan field test. Media dikategorikan praktis berdasarkan aspek kejelasan, kemenarikan, implementasi, penerimaan pengguna, dan penerimaan organisasi. (3) Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis komputer dengan menggunakan Adobe Flash CS6 pada materi lingkaran yang efektif terhadap hasil belajar siswa. Keefektifan media dilihat dari hasil post test siswa yang mendapat rata-rata nilai sebesar 76,67 yang dikategorikan baik dan 85,18% siswa mendapatkan nilai di atas KKM (dari nilai KKM matematika di tempat penelitian, yaitu 60). Kata kunci : penelitian pengembangan, komputer, Adobe Flash CS6, lingkaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan komputer Adobe Flash CS6 lingkaran
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:05
Last Modified: 11 Oct 2021 02:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16274

Actions (login required)

View Item View Item