ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 PALEMBANG

RAHMAWATI, SEPTIARIE (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah Matematika materi SPLDV pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Palembang. Peneliti menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika dari Hendriana dan Soemarmo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Palembang, kemudian dipilih subjek sebanyak 6 orang dengan teknik purposive sampling berdasarkan hasil nilai tes tertulis yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah, dengan pengambilan siswa sebanyak dua orang pada tiap kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII B masih tergolong rendah. Rata-rata siswa yang mampu menjawab soal dengan indikator 1 adalah sebanyak 58,17%, kemudian indikator 2 dan 3 rata-rata sebanyak 23,53%, dan soal dengan indikator 4 rata-rata sebanyak 10,39%. Siswa dengan kategori rendah belum mampu mengerjakan soal dengan indikator 2, 3, dan 4. Siswa dengan kategori sedang belum mampu mengerjakan soal dengan indikator 4. Sedangkan siswa dengan kategori tinggi sudah mampu mengerjakan semua indikator. Banyak siswa yang memiliki kemampuan pemecahan matematika yang rendah karena kurang dalam memahami bacaan dari soal cerita, kurang tekun dalam berlatih soal, dan kurang teliti dalam mengerjakan soal. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, SPLDV, Indikator Pemecahan Soemarmo.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SPLDV Indikator Pemecahan Soemarmo
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:05
Last Modified: 11 Oct 2021 02:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16277

Actions (login required)

View Item View Item