PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) DENGAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA

SHESILYA, SHESILYA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) DENGAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I Shesilya (1622220101).pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Shesilya (1622220101).pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Learning Cycle (5E) merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student center) yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat menguasai kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan penguasaan konsep, dengan menggunakan bagan dikotomi konsep sebagai alat pendukung dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih untuk menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model Learning Cycle (5E) dengan Bagan Dikotomi Konsep. Sedangkan, pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran secara konvensional. Pada masing-masing kelompok akan diberi perlakuan yang sama yaitu berupa pengambilan nilai melalui Pretest dan Postest. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Paired Sample T-Test. Hasil uji hipotesis Paired Sampel T-test menghasilkan sig.(2-tailed) 0.000< ½ α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya pembelajaran dengan menggunakan Model Learning Cycle (5E) dengan bagan dikotomi konsep berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Bagan Dikotomi Konsep (BDK), Hasil Belajar, Learning Cycle (5E)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bagan Dikotomi Konsep (BDK), Hasil Belajar, Learning Cycle (5E)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:36
Last Modified: 11 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

View Item View Item