PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT WISATAWAN (Studi atas Akun Instagram @lahatpedia sebagai Media Informasi Objek Wisata di Kabupaten Lahat)

SIROJUDDIN, AHMAD (2019) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT WISATAWAN (Studi atas Akun Instagram @lahatpedia sebagai Media Informasi Objek Wisata di Kabupaten Lahat). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
Ahmad Sirojuddin 1537010048.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh media sosial terhadap minat wisatawan (studi atas penggunaan akun instagram @lahatpedia sebagai media informasi objek wisata di Kabupaten Lahat). Media sosial digunakan sebagai sarana informasi untuk berinteraksi, berkomunikasi serta membangun jaringan melalui media komunikasi online. Kemudahan dalam mengakses informasi secara langsung dan kemudahan dalam akses menuju tempat wisata menjadi faktor utama pendorong datangnya wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial akun instagram @lahatpedia (variabel X) terhadap minat wisatawan (variabel Y) di Kabupaten Lahat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner online kepada 100 wisatawan/followers. Menggunakan teori S-O-R yang menjelaskan bahwa stimulus atau pesan yang disampaikan kepada komunikan diterima ataupun ditolak sehingga mendapatkan respon maupun timbal balik. Hasil penelitian ini menunjukan berdasarkan teori tersebut hubungan antara variabel pengaruh akun instagram terhadap variabel minat wisatawan sebesar 0,487% yang menunjukkan variabel tersebut bernilai kuat yang ditandai dengan nilai koefisien korelasi yang positif. Kemudian dari nilai uji t pengaruh media sosial terhadap minat wisatawan sebesar 5,519 dengan nilai signifikasi ttabel 0,05 adalah 1,660 yang menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel. Kemudian dilakukan pengujian annova atau uji F dengan drajat kesalahan 10% dan drajat keabsahan didapatkan ftabel sebesar 3,94, sedangkan fhitung didapatkan hasil yang lebih besar dari Ftabel sebesar 30,469. Dari hasil hipotesis diatas bahwa terdapat pengaruh hubungan antara akun instagram @lahatpedia terhadap minat wisatawan dikabupaten Lahat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:09
Last Modified: 11 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16364

Actions (login required)

View Item View Item