MOTIF REMAJA LAKI-LAKI DALAM MEM-FOLLOW AKUN INSTAGRAM @LAMBE_TURAH (Kajian Psikologi Komunikasi terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya)

Theana Effendy, Elma (2019) MOTIF REMAJA LAKI-LAKI DALAM MEM-FOLLOW AKUN INSTAGRAM @LAMBE_TURAH (Kajian Psikologi Komunikasi terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
ELMA THEANA EFFENDY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media sosial merupakan salah satu bentuk dari perkembangan internet. Remaja dan media sosial menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan, mereka terus berkomunikasi lewat media sosial bahkan pada saat melakukan aktivitasnya mereka lebih banyak melakukan aktivitasnya di media sosial. Pada 24 Desember 2015 muncul sebuah akun gosip yang menjadi salah satu sumber informasi mengenai selebriti tanah air serta informasi yang sedang hangat diperbincangkan. Temuan dari penelitian ini akun instagram lambe_turah yaitu akun yang berkonten negatif, menggunakan caption unik dengan ciri khas bahasa akun lambe_turah sendiri serta akun ini menarik atensi para pengguna media sosial khusunya di instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana motif remaja laki-laki dalam mem-follow akun instagram lambe_turah dan seperti apa pandangan remaja laki_laki terhadap akun lambe turah itu sendiri dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara/observasi terhadap informan mahasiswa Ilmu Komunikas Universitas Sriwijaya yang telah mem-follow akun instagram lambe_turah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif mahasiswa/remaja laki-laki dalam mem-follow akun instagram lambe turah ini didorong dari dua motif yaitu motif sebab (because of motive) dan motif tujuan ( in order to motive) mulai dari senang melihat perkelahian di media online, serta mempunyai rasa keingintahuan yang kuat mengenai sisi lain dari selebriti tanah air, kebutuhan akan informasi infotaiment seputar selebriti tanah air dan informasi lainnya yang sedang viral dan diperbincangkan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 09:02
Last Modified: 11 Oct 2021 09:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16662

Actions (login required)

View Item View Item