PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ JUZ AMMA DI MTS NEGERI I PALEMBANG

Irmansyah, Irmansyah (2020) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ JUZ AMMA DI MTS NEGERI I PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidz Juz Amma di Mts Negeri I Palembang”. Bertujuan untuk mengentahui jalannya kegiataan tahfidz juz amma. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz juz amma kelas VIII di MTs Negeri I Palembang dan apakah faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler tahfidz juz amma kelas VIII di MTs Negeri I Palembang. Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah pembina tahfidz juz amma, sedangkan yang menjadi informan pendukung adalah siswa dan siswi, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidz Juz Amma di Mts Negeri I Palembang pada pelaksanaannya masih ada yang belum sesuai dengan pelaksanaan dalam mengikuti kegiatan tahfidz juz amma seperti terbatasnya wajtu saat penyetoran hafalan, personil dalam menyimak kurang, banyak juga siswa dan siswi yang kurang berminat mengikuti kegiatan tahfidz juz amma sehingga membuat mereka malas dalam menghafal. Adapun faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidz Juz Amma di Mts Negeri I Palembang yakni faktor yang pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi Al-Qur’an, buku pedoman dalam menghafal al-Qur’an yang baik dan benar, al-Qur’an / juz khusus menghafal, rumah tahfidz, dan musholah dan uang pembinaan. Adapun faktor penghambat meliputi terbatasnya waktu saat proses penyetoran hafalan, kurangnya personil dalam menyimak hafalan siswa, kurangnya pemahaman dan informasi anggota tahfidz akan tugas yang diberikan, kurangnya minat serta rasa malas yang amat kuat dari siwa siswi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2021 09:04
Last Modified: 11 Oct 2021 09:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16694

Actions (login required)

View Item View Item