PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI REAKSI REDOKS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

UTAMI, RIDHA AYU (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI REAKSI REDOKS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.doc

Download (69kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (156kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK RIDHA AYU UTAMI : Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Tebimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Redoks di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi. Palembang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2020. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan mengetahui aktivitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran inkuri terbimbing pada kelas eksperimen dan pembelajaran pada kelas konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa X MIA 2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa 10 soal pilihan ganda keterampilan proses sains dan teknik non-tes berupa lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22 diperoleh hasil Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada materi redok di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Hasil lembar observasi diperoleh persentase 75% untuk kelas eksperimen, 70% untuk kelas kontrol. Sehingga keterampilan proses sains melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi redoks di SMA Muhammadiyah 1 Palembang menunjukkan kriteria baik. Kata kunci : Redoks, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 Oct 2021 09:05
Last Modified: 11 Oct 2021 09:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16736

Actions (login required)

View Item View Item